
Selamat kepada Dr. Salmah atas Keberhasilan Ujian Promosi Doktor
Banda Aceh, Selasa, 14 Januari 2025 – Sekolah Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (USK) dengan bangga mengucapkan selamat kepada Promovenda Dr. Salmah atas keberhasilannya dalam mencapai tahap ujian promosi doktor di Program Studi Doktor Pendidikan IPS.
Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, serta semangat pantang menyerah yang Ibu tunjukkan sepanjang perjalanan akademik ini. Perjuangan dan komitmen Ibu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang pendidikan IPS, menjadi inspirasi bagi banyak akademisi dan praktisi pendidikan.
Novelty dan Kontribusi Penelitian
Pendidikan karakter di sekolah merupakan aspek yang mesti diterapkan dalam rangka melahirkan generasi penerus yang berkarakter kuat. Pendidikan karakter tidak hanya membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dengan nilai-nilai moral yang memungkinkan mereka menjadi individu yang berpengaruh positif bagi keluarga dan masyarakat.
Dalam disertasi yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Banda Aceh", Dr. Salmah menghadirkan kontribusi baru dalam dunia pendidikan, khususnya dalam inovasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk:
- Mengidentifikasi model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu.
- Menentukan model pembelajaran IPS Terpadu yang paling efektif di SMP Banda Aceh.
- Mengembangkan desain model pembelajaran berbasis kebijaksanaan yang dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode dan Temuan Penelitian
Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan Research & Development (R&D), penelitian ini melibatkan guru dan siswa dari SMPN 11, SMPN 3, SMPN 17, serta SMPS Insafuddin Banda Aceh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
✅ Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam IPS Terpadu meliputi:
- Model pembelajaran langsung
- Model pembelajaran kooperatif
- Model pembelajaran berbasis masalah
- Strategi pembelajaran kontekstual
✅ Model Pembelajaran Berbasis Kebijaksanaan (MPBK) terbukti cukup efektif dalam pembelajaran IPS Terpadu dan memperoleh kategori baik dalam penerapannya.
✅ Desain pengembangan MPBK dengan sintaks berikut terbukti sangat efektif dalam membentuk karakter siswa:
- Orientasi
- Arrange (penataan pembelajaran)
- Refleksi
- Investigasi
- Mendemonstrasikan
- Penguatan
Saran penelitian bagi para pendidik adalah mengimplementasikan MPBK dalam proses pembelajaran guna meningkatkan pembentukan karakter siswa, sehingga pendidikan di Indonesia dapat lebih adaptif dan berbasis nilai-nilai kebijaksanaan.
Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Dr. Salmah! Semoga ilmu dan pencapaian ini terus memberikan manfaat luas bagi dunia akademik dan masyarakat.
Berita Lainnya